Teknologi Nuklir Indonesia

Pelatihan: Iptek Nuklir Untuk Meningkatkan Produktifitas Sapi dan Ikan

Serpong-Pusat Kemitraan Teknologi Nuklir (PKTN) BATAN bekerjasama dengan Puspiptek dan Kementerian Riset dan Teknologi menyelenggarakan Pelatihan aplikasi teknik nuklir dibidang peternakan dan perikanan di Gedung DRN-Serpong (4/5/2010), diikuti oleh 80 orang peserta dari masyarakat disekitar kawasan puspiptek Serpong. Acara yang diawali dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PKTN dengan Puspiptek dihadiri oleh Deputi Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir-BATAN Dr Taswanda Taryo, Deputi Bidang Dinamika Masyarakat-Ristek Prof Dr Carunia Firdausy, Kepala PKTN Ir Ferly Hermana dan Kepala Puspiptek Ir Jeni Ruslan.

Deputi PHLPN Taswanda Taryo dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya pelatihan langsung kepada masyarakat mampu menciptakan perilaku yang mandiri sehingga dapat merubah sistem produksi dari tradisional menjadi sistem yang lebih modern. Dan juga diharapkan akan semakin banyak lagi hasil-hasil dari aplikasi teknik nuklir yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Disampaikannya juga bahwa Iptek nuklir selain dimanfaatkan di bidang pertanian, peternakan, dan perikanan, juga dapat dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, “PLTN merupakan salah satu alternatif dari pemakaian energi untuk kepentingan kita yang saat ini menghadapi krisis energi sekaligus memberikan solusi untuk generasi yang akan datang”, imbuhnya. Dibidang kesehatan Batan memproduksi radioisotop dan radiofarmaka.

Sementara itu Deputi Bidang Dinamika Masyarakat-Ristek Carunia Firdausy menyampaikan bahwa Kementerian Ristek saat ini mempunyai kegiatan membangun masyarakat berbudaya Iptek untuk itu KemenRistek mendukung kegiatan Batan terkait pelaksanaannya. “membangun masyarakat berbudaya iptek itu mudah diucapkan tetapi susah dilaksanakan,” ujar Carunia, “sulit dilaksanakan karena kita terpaku dengan teknologi-teknologi yang sudah kita miliki, kita sulit untuk menerima perubahan-perubahan teknologi seperti teknik nuklir, ” imbuhnya. Disampaikannya juga bahwa selain pemanfaatan dibidang kesehatan dan yang sekarang sedang diperbincangkan PLTN, Iptek Nuklir juga ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa dalam meningkatkan produktifitas dari sapi maupun ikan.

Kegiatan yang akan berakhir pada hari Rabu, 5 Mei 2010 ini diisi dengan pemberian pelatihan oleh Dra Adria Prilianti dengan materi teknik penjantanan ikan dan kiat pacu produksi, Dra Jenny Mediani dengan materi Teknologi Pakan dan Manajemen Pemberian Pakan, Ir Suharyono dengan materi Manajemen Peternakan Sapi, Nana Mulyana dengan materi teknologi pengolahan limbah, dan Ir Marapada dengan materi Analisa Bisnis.


sumber : http://www.batan.go.id/view_news.php?id_berita=1028&db_tbl=Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar